Kenali Perbedaan Yoga dan Pilates

Pernahkah kamu bertanya-tanya apa bedanya yoga dan pilates? Tenang, Dears. Kamu tidak sendirian. Banyak orang yang sudah gemar melakukan kedua aktivitas tersebut tetapi masih bingung mengenali perbedaannya. Maklum, pose yoga dan pilates memang mirip.

Maka dari itu, EMTRIX ingin mengajak kamu semua untuk mengenali dua perbedaan mendasar antara yoga dan pilates.

  1. Berbeda asal-usul

Yoga berasal dari India sejak sekitar 5000 tahun lalu dan merupakan bagian dari filsafat Hindu. Yoga dilakukan agar seseorang dapat fokus, mengendalikan tubuh, panca indera, dan pikiran secara menyeluruh. Sementara pilates ditemukan oleh Joseph Pilates pada awal abad 21. Pria asal Jerman ini membentuk sistem excercise untuk kesehatan fisik dan mental.

  1. Berbeda pendekatan

Pilates cenderung memiliki pendekatan fisik dan fokus pada kekuatan tubuh. Mulai dari body control, muscle toning, hingga fleksibilitas otot. Sedangkan yoga memiliki unsur filosofis dan spiritual, sehingga para pelakunya dapat merasakan ketenangan dan rasa damai setelah melakukan meditasi dalam yoga.

Lalu, kira-kira manakah yang lebih cocok untuk kamu?

Kalau kamu ingin menguatkan otot atau memulihkan badan ke fase semula setelah sakit atau cedera, silakan pilih pilates, Dears. Olahraga ini kabarnya sudah digunakan sebagai terapi bagi para prajurit perang Perang Dunia atau para atlet dan penari yang mengalami cedera sendi.

Namun, bila kamu ingin fokus pada keseimbangan tubuh, pikiran dan jiwa, maka kamu bisa memilih yoga dengan teratur. Kamu tidak perlu takut dengan latihan berat, karena instruktur yoga biasanya akan memberi tahu jenis yoga mana yang sesuai dengan kebutuhanmu saat ini, Dears.

Apapun yang kamu pilih, pastikan kamu menikmatinya dan sesuai dengan kebutuhanmu, dan kamu tidak perlu malu melakukan yoga atau pilates dengan kaki terbuka selama kukumu terawat.

 

References:

www.chopra.com

www.energypilatesfitness.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *