5 Makanan Sehat untuk Fungsi Hati

Menjaga kesehatan fisik adalah hal esensial bagi semua orang, termasuk kamu para wanita urban modern, karena kesehatan mahal harganya. Betul, bukan, Dears?

Nah, salah satu organ yang wajib diperhatikan kesehatannya adalah hati (liver). Hati berfungsi mengeluarkan racun pada tubuh, sehingga kerusakan organ ini bisa mengakibatkan hal buruk untuk kesehatan kamu.

Yuk, kita simak 5 makanan sehat yang bagus untuk fungsi hati.

  1. Oatmeal

Dengan serat tinggi, oatmeal mampu menurunkan kadar kolesterol. “Oatmeal seperti laiknya sponge dalam pencernaan yang menyikat kolesterol jahat agar tidak masuk ke aliran darah,” tutur Lauren Graf, ahli gizi di Montefiore Medical Centre, New York. Disarankan pula agar kita mengonsumsi oatmeal yang bebas gula.

  1. Stroberi

Pada sebuah penelitian tahun 2013, wanita berusia 25-42 tahun yang mengonsumsi stroberi lebih dari tiga kali seminggu, ternyata memiliki risiko 32% lebih rendah terkena penyakit jantung. Konsumsi stroberi secara rutin sangat baik untuk fungsi hati.

  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate rupanya juga bagus untuk hati, Dears. Mengonsumsi cokelat hitam dapat menetralkan tekanan darah dan mencegah inflamasi. Makanan ini pula bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

 

  1. Kentang

Selama tidak digoreng matang, kentang berkhasiat baik untuk fungsi hati. Kaya akan potassium dan serat, kentang dapat menurunkan risiko penyakit liver.

  1. Brokoli, bayam, dan kale

Sudah bukan rahasia lagi kalau skuad sayuran hijau terbukti ampuh untuk kesehatan ya, Dears. Konsumsi yang rutin membuat kita jauh dari ancaman penyakit hati dan jantung. Tak hanya mengandung serat, brokoli, bayam serta kale juga mengandung vitamin dan carotenoid yang berperan sebagai antioksidan.

 

Reference:

www.health.com

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *