Kenali Motif-motif Batik Indonesia

Dalam rangka memperingati hari Batik pada bulan Oktober, kami akan membahas sedikit motif-motif cantik dari batik Indonesia. Tak hanya motif asal Solo dan Yogyakarta, tetapi juga yang berasal dari Jepara dan Pekalongan.
Berikut beberapa motif batik yang kami lansir dari situs satujam.com. Mungkin salah satunya adalah motif favorit kamu, Dears.

1. Motif Batik Jepara
1 Kenali Motif-motif Batik Indonesia Kenali Motif-motif Batik Indonesia 1 300x176
(Foto: nationalbowl.org)

Kupu-kupu atau gajah coklat adalah pola yang kerap ditemukan dalam motif lama batik Jepara. Sementara untuk motif baru, para pengrajin lebih banyak berkreasi dengan batik tulis, Dears. Motif batik dari Kota Jepara juga acap kali disebut motif Kartini.

2. Motif Batik Solo
2 Kenali Motif-motif Batik Indonesia Kenali Motif-motif Batik Indonesia 2 300x185
(Foto: cloudfront.net)

Melestarikan budaya tradisional, batik Solo dibuat dengan pewarna yang menggunakan bahan alam, yakni soga. Motif batik Solo pun memiliki banyak motif turunan lain. Warna motif batik kota Surakarta tersebut biasanya didominasi dengan warna coklat.

3. Motif Batik Keraton Yogya
3 Kenali Motif-motif Batik Indonesia Kenali Motif-motif Batik Indonesia 3 300x212
(Foto: batikastriklaten.wordpress.com)

Hampir sama dengan batik Solo, motif keraton Yogya juga memiliki warna coklat sebagai salah satu warna dasar. Menurut sejarah, penemu awal dari motif ini adalah orang keraton Yogya sendiri.

4. Motif Batik Kawung
4 Kenali Motif-motif Batik Indonesia Kenali Motif-motif Batik Indonesia 4 1 300x171
(Foto: photobucket.com)

Motif ini adalah gambaran dari buah kawung dan disebut sebagai motif batik tertua di Indonesia. Pada zaman dahulu, batik kawung hanya diperkenankan bagi raja dan permaisuri serta petinggi kerajaan.

5. Motif Batik Pekalongan
5 Kenali Motif-motif Batik Indonesia Kenali Motif-motif Batik Indonesia 5 1 300x187
(Foto: sehatcantik.blogspot.com)

Sebagian besar motif batik Pengalongan diisi dengan flora atau tumbuh-tumbuhan. Batik ini pula dipengaruhi oleh budaya bangsa luar saat masa perdagangan dan penjajahan, seperti Arab, India, serta Cina.

Reference: www.satujam.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *