Tokoh-tokoh Lain di Balik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Saat membahas menyambut Hari Raya Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti, siapakah tokoh-tokoh yang ada di benakmu, Dears? Ir. Soekarno? Mohammad Hatta? Sutan Syahrir? Sayuti Melik? Ya, betul.

Akan tetapi, sebenarnya masih ada beberapa tokoh-tokoh di balik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang jarang disebut dalam sejarah. Berikut EMTRIX akan membahas sedikit beberapa dari mereka, Dears.

  1. Sayuti Melik

Sayuti Melik merupakan tokoh pemuda Indonesia yang berperan dalam mengetik teks proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk dibacakan oleh Bung Karno pada 17 Agustus 1945. Beliau mengetik teks yang telah disempurnakan dari tulisan tangan Bung Karno.

  1. Laksamana Tadashi Maeda

Tokoh ini memang bukan warga Indonesia. Dia justru berasal dari Jepang, negara yang menjajah Indonesia. Namun, Laksamana Tadashi Maeda memiliki empati besar terhadap rakyat kita sehingga beliau “menampung” para tokoh Indonesia untuk menyusun proklamasi kemerdekaan di rumahnya.

  1. Achmad Soebardjo

Achmad Soebarjo adalah tokoh golongan tua yang berperan dalam menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Karno dan Bung Hatta.

  1. Syahrudin

Syahrudin bekerja pada kantor berita Jepang sebagai telegrafis. Dia secara diam-diam menyiarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia ketika para personel Jepang di kantor sedang berisitirahat. Syahrudin juga mengirimkan berita mengenai proklamasi ke kantor radio militer Jepang di Jakarta yang akhirnya disiarkan ke luar negeri.

  1. Frans Mendur

Apakah kamu pernah melihat foto-foto hitam putih upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945? Foto-foto tersebut merupakan hasil jepretan Frans Mendur, fotografer profesional yang tergabung dalam Indonesia Press Photo Service. Karyanya menjadi bukti ke seluruh dunia bahwa Indonesia telah resmi memproklamirkan kemerdekaan.

Reference: www.tentik.com

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *