How to Forgive

Memaafkan tampaknya adalah hal yang gampang-gampang susah. Mudah untuk dipikir dan dikatakan, tetapi begitu sulit dilakukan. Benar, Dears?

Ketika tak sengaja teringat dengan kesalahan yang dilakukan orang tersebut, pasti kita langsung kesal atau kembali merasa kecewa. Terkadang kita merasa tak sanggup untuk memaafkan mereka. Memaafkan bukan berarti melupakan. Iya betul. Tapi, jika masih sering mengingatnya, bisa jadi kamu belum sepenuhnya memberi maaf.

How to Forgive, sesungguhnya kamu bisa memaafkan selama kamu membulatkan tekad pada diri sendiri. Niatmu adalah motivasi. Dengan motivasi tersebut kamu pasti bisa membuka perlahan pinta maafmu. Kamu pula akan tersadar bahwa sangat penting to let go dan memberi maaf itu adalah sebuah keuntungan untuk mental dan kesehatan emosimu.

Membentuk empati juga bisa membuatmu lebih mudah memaafkan, Dears. Kamu belajar melihat masalah dari dua sisi. Kira-kira apa pemicu orang tersebut melakukan kesalahan? Apakah dia bisa berubah? Pun kamu juga bisa introspeksi diri. Apakah mungkin saja secara tak langsung kamu pernah melakukan kesalahan tak sengaja yang menjadi penyebab dia melakukan kesalahan itu terhadapmu?

Memaafkan berarti kamu tidak menyimpan dendam. Memaafkan adalah tentang bagaimana dirimu mencoba untuk menjadi priadi yang lebih positif, Dears. Ready to forgive?

 

Reference: huffingtonpost.com

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *